Selasa, 26 Januari 2016

RESEP BROWNIES KUKUS SEDERHANA



Salah satu makanan favoritku itu cake terutama yang bahan dasarnya dari coklat. Habis enak, sih. Tapi kalo harus beli terus kan boros. Karena cake coklat harganya lumayan mahal. Cuman kalo mau bikin sendiri juga kayaknya belum mampu, deh. Soalnya biasanya cake itu kan harus dimixer belum lagi dipanggang di oven. Kebayang deh susahnya. 

Beruntung pas cari-cari di google aku nemu resep brownies kukus yang nggak tahunya cara bikinnya tuh nggak perlu pake mixer apalagi oven. Udah gitu kalo nggak punya cetakan juga bisa pake wadah bekas es krim. Nah, jadi deh aku coba bikin brownies kukus yang sederhana ini.


BAHAN 
  • 3 sendok makan tepung terigu (takarannya munjung)
  • 2 sendok makan coklat bubuk 
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 3 sendok makan air hangat
  • 1 butir telur
  • 1 sachet susu kental manis rasa coklat
  • 3 sendok makan gula pasir

CARA MEMBUAT 
  • Kocok telur dan gula pasir menggunakan garpu
  • Campur tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue lalu aduk hingga tercampur rata
  • Ayak ke dalam kocokan telur
  • Tambahkan air, minyak sayur juga susu kental manis
  • Aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula

  • Panaskan dandang yang telah diberi air dan sarangan
  • Rebus hingga airnya mendidih
  • Sementara itu masukkan adonan dalam cetakan (aku pakai wadah bekas es krim yang sebelumnya aku olesi dengan minyak sayur)
  • Kukus adonan sekitar 15 menit
  • Untuk mengetahui brownies sudah matang atau belum tusuk dengan garpu atau lidi 
  • Angkat jika sudah matang

  • Pindahkan brownies ke piring atau tempat lain
  • Olesi dengan mentega atau bisa juga diberi taburan keju
  • Potong dan sajikan bersama teh hangat, air jerukatau minuman lainnya
Nah, gampang banget kan bikinnya

MEMBUAT AGAR-AGAR SANTAN GULA JAWA


Aku suka makan agar-agar soalnya bikinnya nggak susah. Dan kemarin Minggu aku bikin agar-agar santan gula jawa. Karena suka yang agak keras jadi aku pake 2 bungkus agar-agar. Tapi kalau temen-temen sukanya yang lembut bisa bikin dengan 1 bungkus agar-agar aja.



BAHAN 
  • 2 bungkus agar-agar tanpa warna
  • Santan 1,2 liter
  • Gula jawa 200 gram (bisa dikurang atau ditambahin kalau misalnya terlalu manis atau kurang manis)
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan ikat
  • Air 100 ml

CARA MEMBUAT
  • Rebus gula jawa dengan air sampai benar-benar larut (aduk-aduk biar gulanya tidak menggumpal) lalu angkat
  • Siapkan santan
  • Masukkan rebusan gula jawa ke dalam santan aduk biar tercampur rata
  • Masukkan agar-agar dan garam aduk hingga benar-benar tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal
  • Beri daun pandan
  • Masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah
  • Angkat dan dinginkan hingga keras
  • Setelah dingin bisa disimpan ke dalam kulkas

Agar-agar santan gula jawa siap untuk dinikmati.

Jumat, 22 Januari 2016

BIKIN TAHU KRIUK, YUK


Musim hujan itu rasanya gampang banget laper. Apalagi pulang sekolah selalu sore dan kehujanan pula. Pengennya sih makan yang hangat-hangat. Dan pas cari-cari yang bisa dimasak di kulkas nemu tahu pong alias tahu keropos. Akhirnya bikin tahu kriuk yang enak dimakan hangat-hangat dan bisa dimakan sebagai camilan juga temen makan nasi.

BAHAN 

  • Tahu keropos enaknya sih yang kecil dan tipis
  • Telur 
  • Tepung bumbu siap pakai (aku pake tepung s****u ayam kriuk)
CARA MEMBUAT
  • Kocok telur
  • Masukkan tahu ke dalam kocokan telur balur hingga seluruh tahu tertutup kocokan telur
  • Lalu balurkan ke dalam tepung bumbu 
  • Goreng hingga garing dan matang
  • Angkat
  • Sajikan bersama saos atau sambal dan enaknya sih dimakan hangat-hangat
Nah, semoga bermanfaat

Kamis, 21 Januari 2016

RESEP PISCOK ALIAS PISANG COKLAT YANG LUMER


Setelah beberapa hari berkutat dengan les dan TO. Kini saatnya memanjakan perut. Kebetulan udah beberapa lama ini di depan sekolahku ada tukang jualan pisang coklat alias piscok yang pas dimakan itu coklatnya langsung lumer. Enak banget dimakan dalam keadaan hangat. Dan karena harganya cukup mahal buat kantong pelajarku. Sementara makan 1 aku belum puas. Makanya aku coba cari resepnya di internet daaaaan dapet, deh.


BAHAN 
  • Kulit lumpia
  • Pisang raja
  • Meises
  • Minyak goreng

CARA MEMBUAT 
  • Potong pisang menjadi 3 bagian
  • Letakkan 1 potong pisang di bagian tengah kulit lumpia
  • Beri 1 sendok meises
  • Lipat
  • Goreng dengan api sedang supaya pisangnya matang dan meisesnya lumer

Karena baru pertama ini aku bikin piscok jadi waktu goreng aku masih pakai api besar. Jadi kulitnya udah kecoklatan sementara coklatnya belum terlalu lumer. Makanya waktu goreng yang kedua kali aku pakai api sedang. Dan pas dimakan coklatnya langsung lumer di mulut. Oya, piscok ini juga enak ditambahin keju, loh. Dan rasanya lebih yummy. Nah, selamat mencoba


Rabu, 20 Januari 2016

RESEP TUMIS JAGUNG MUDA CABE HIJAU


Nggak tau kenapa akhir-akhir ini aku lagi keranjingan makan sayur. Salah satunya sayur kegemaranku yaitu tumis jagung muda cabe hijau. Dan beruntung masakan ini enggak susah mikinnya. Terus bunbunya juga enggak macam-macam. Jadilah aku coba bikin sendiri. 

BAHAN
  • 200 gram gagung muda, iris serong
  • 3 buah wortel, iris tipis
  • 10 buah baso ukuran sedang, iris tipis
  • 7 buah cabe hijau, iris serong
BUMBU
  • 1/2 bawang bombay, iris tipis
  • 3 butir bawang putih, iris tipis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Sedikit air
  • 2 sendok makan minyak goreng
CARA MEMBUAT 
  • Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
  • Masukkan cabe hijau, aduk-aduk hingga layu
  • Masukkan baso dan aduk hingga berubah warna
  • Masukkan jagung muda, aduk hingga layu
  • Masukkan irisan wortel lalu aduk hingga layu
  • Beri sedikit air
  • Masukkan gula, garam dan saus tiram
  • Aduk hingga bumbu tercampur rata dan matang
  • Angkat
  • Tumis jagung muda cabe hijau siap untuk dinikmati



Sabtu, 02 Januari 2016

YUK, BIKIN MARTABAK MIE

Buat aku liburan itu mesti kreatif. Terutama soal perut karena aku kan enggak dapet uang saku. Memang sih di rumah selalu ada makanan. Tapi kan cuma nasi, sayur dan lauk pauk. Padahal masa liburan itu kan perut seakan protes selalu minta diisi. 

Ya gitu deh. Aku terpaksa cari-cari resep di internet dan dapet resep martabak mie yang ternyata gampang banget dan pas dicoba juga enak banget rasanya. Variasi mie instan sama telor yang nggak cuma direbus kayak biasanya. Tapi ini digoreng dan pokoknya enak deh.



Sebelum bisa menikmari sepiring martabak mie yang lezat kita harus sediakan dulu bahan-bahannya yaitu :
  • Mie instan
  • Telor 2 butir


Nah, sekarang tinggal cara bikinnya :
  • Didihkan air sekitar 200 gram
  • Masukkan mie instan
  • Rebus hingga empuk
  • Angkat dan tiriskan
  • Setelah itu pecahkan telor
  • Masukkan bumbu dan minyak mie instan ke dalam telor
  • Kocok 

  • Ambil wajan anti lengket beri sesendok minyak goreng
  • Masukkan telor yang sudah dikocok
  • Masukkan mie instan yang sudah direbus
  • Bolak-balik hingga matang
  • Sebaiknya gunakan api kecil agar bagian dalamnya matang 
  • Angkat

  • Potong-potong sesuai selera
  • Beri saus dan sambal
  • Dikasih kecap juga enak kok
  • Nah, martabak mie siap disantap
  • Bisa dimakan pakai nasi atau tanpa nasi
Gampang, kan.

Kamis, 24 Desember 2015

RESEP KENTANG GORENG GARING DAN GURIH


Siapa sih yang nggak suka liburan. Kita jadi punya banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Tapi ada nggak enaknya juga karena saat liburan aku nggak pernah dikasih uang saku. Padahal biasanya setiap kali liburan perutku jadi gampang banget terasa lapar. Dan mau jajan juga nggak bisa karena enggak ada uang saku. 

Makanya saat liburan aku harus kreatif. Beruntung aku suka masak. Jadi aku bisa nyobain berbagai macam resep masakan. Dan kali ini aku bikin kentang goreng karena bahan dan cara bikinnya yang nggak ribet.


Sebelum bisa menikmati sepiring kentang goreng yang hangat, renyah dan gurih ini, kita perlu menyediakan berbagai bahan dan bumbu seperti :
  • Kentang 
  • Tepung maizena
  • Bawang putih
  • Garam
  • Air kaldu (kalau tidak ada bisa menggunakan air biasa)
  • Air es
Kentang yang dipakai bagusnya sih yang ukuran besar biar saat diiris bisa panjang-panjang. Dan yang jenisnya nggak mengandung banyak air. Tapi karena aku cuma punya kentang ukuran kecil jadi aku pakai aja yang ada. 


Kalau semua bahannya udah siap sekarang tinggal cara bikinnya, yaitu :
  • Kupas kentang hingga bersih
  • Masukkan ke dalam air biar warnanya nggak menghitam
  • Lalu potong kentang menjadi irisan memanjang
Karena aku sukanya yang agak lebar dan tebal jadi saat mengiris aku sengaja bikin jadi agak tebal dan lebar.


  • Selesai diiris cuci hingga bersih semua kentang lalu tiriskan
  • Siapkan cobek
  • Kupas bawang putih lalu cuci bersih
  • Ulek bersama garam hingga halus
Untuk banyak sedikitnya garam dan bawang putih, sesuaikan aja sama banyaknya kentang yang mau digoreng.


  • Setelah bumbu halus siap ambil panci
  • Masukkan bumbu halus ke dalam panci
  • Beri air kaldu secukupnya
  • Rebus campuran bumbu halus dan air kaldu 
  • Aduk beberapa kali hingga mendidih
Kalau memakai air kaldu rasa kentang bisa lebih gurih dan lezat. Tapi kalau temen-temen enggak punya kaldu bisa pakai air biasa.


  • Begitu air telah mendidih segera masukkan kentang
  • Rebus kentang sekitar 10 menit sambil sesekali diaduk-aduk
  • Angkat dan tiriskan

  • Lalu rendam kentang yang telah direbus dengan air es selama kira-kira 5 menit
  • Tiriskan
  • Biarkan kentang mengering dan dingin

  • Ambil tepung maizena secukupnya 
  • Letakkan di wadah yang lebar
  • Gulirkan kentang yang telah kering ke dalam tepung maizena
  • Simpan di dalam kulkas
  • Biarkan mininal 1 jam

  • Terakhir ambil kentang lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan
  • Angkat
  • Sajikan selagi hangat dengan sambal atau saus
  • Kalau kita nggak ingin menggoreng semua kentang simpan kembali sisa kentang yang belum digoreng ke dalam kulkas agar sewaktu-waktu kita bisa menggorengnya lagi
Semoga bermanfaat.

Kamis, 17 Desember 2015

BUKU TERBARUKU SERI PRINCESS ACADEMY : PUTRI CERDIK



Alhamdulillah udah terbit buku terbaruku seri PINCESS ACADEMY yang berjudul PUTRI CERDIK. Buku ini berisi 6 cerita masing-masing 3 cerpen karyaku yang berjudul Putri Cerdik, Gara-Gara Film dan Hantu Asrama. Serta 3 komik karya Kak Assyifa S. Arum.

Tentunya temen-temen yang udah koleksi serial buku ini udah enggak asing lagi kan sama putri-putri yang tinggal di Princess Academy. Dan kali ini ceritaku yang berjudul PUTRI CERDIK itu menceritakan tentang :

"Putri Adelia menolak bersekolah di Princess Academy meskipun dibujuk dengan berbagai cara. Suatu hari sekolah mengadakan eksperimen yang luar biasa. Akankah Putri Adelia akhirnya mau bersekolah di Princess Academy?"

Yuk, temen-temen segera koleksi buku ini dan baca cerita-ceritaku yang membuat kamu merasakan petualangan yang menyenangkan.

Rabu, 25 November 2015

LOMBA MENULIS CERPEN PERHUTANI GREEN PEN AWARD 2016



PERSYARATAN LOMBA 
  • Peserta :
  1. Warga Negara Indonesia di tanah air maupun yang sedang berada di luar negeri
  2. Pelajar SLTP sederajat (kategori A)
  3. Pelajar SLTA & Mahasiswa (kategori B)
  4. Umum, guru, dosen, penulis/pengarang (kategori C)
  • Lomba dibuka mulai tanggal 22 November 2015 dan ditutup tanggal 12 Februari 2016 (stempel pos atau jasa kurir)
  • Judul naskah bebas. Tema cerita KEHIDUPAN DENGAN BERBAGAI ASPEKNYA TERKAIT HUTAN, ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
  • Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, indah (liteter) dan komunikatif
  • Naskah adalah karya asli, bukan jiplakan, terjemahan atau saduran dan belum pernah dipublikasikan disertai dengan dokumen pernyataan di atas materai
  • Naskah panjangnya 5 - 10 halaman A4, diketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman ukuran 12 font, margin standar
  • Naskah dicetak atau print out sebanyak 2 (dua) rangkap, file dimasukkan dalam CD atau flashdisk 
  • Peserta diperbolehkan mengirimkan naskah lebih dari 1 (satu) judul, maksimal 2 (dua) judul
  • Naskah dimasukkan ke dalam amplop tertutup, tulis kategori A/B/C pada amplop, kirim ke 

PANITIA GREEN PEN AWARD 2016

PERHUTANI RESIDENCE
Jalan Gedung Hijau I No. 17 
Pondok Indah
Jakarta Selatan - 12310
  • Naskah dilampiri :
  1. Biodata lengkap, alamat, nomer telepon/HP, email yang mudah dihubungi
  2. Foto copy kartu pelajar (kategori A)
  3. Foto copy kartu pelajar/kartu mahasiswa dan KTP bagi mahasiswa (kategori B)
  4. Foto copy KTP/Paspor dan identitas lainnya (kategori C)
  5. Tulisan singkat tentang salah satu kegiatan Perum Perhutani, diketik rapi minimal 70 kata, diperbolehkan menambahkan foto apabila ada. Sumber informasi situs resmi www.perumperhutani.com atau sumber lain dengan menyebut nama sumber
  • Nama-nama pemenang akan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2016 melalui situs www.perumperhutani.com
  • Panitia tidak memungut biaya apapun, tidak menunjuk perwakilan dan tidak melayani surat-menyurat terkait penyelenggaraan ini
  • Naskah yang dilombakan menjadi milik Perum Perhutani dan dapat diterbitkan untuk kepentingan perusahaan
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

CATATAN
  • Informasi lomba dapat di akses di www.perumperhutani.com

TOTAL HADIAH 60 JUTA RUPIAH

Hadiah Kategori A
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 1.500.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 1.000.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 500.000,-
Hadiah Kategori B
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 4.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 2.000.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 1.500.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 750.000,-
Hadiah Kategori C
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 5.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 2.000.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 1.000.000,-