Sabtu, 24 Januari 2015

LOMBA MENGARANG, MENGGAMBAR DAN FOTOGRAFI TUPPERWARE CHC 2015

Tupperware CHC 2015, KARYA HEBAT BANTU SAHABAT lewat beragam kreasimu.

Yuk, kirim karya gambar, cerita atau fotografi (khusus SMU) karena untuk setiap karya yang kamu kirimkan Tupperware Indonesia akan mendonasikan Rp. 10.000,- dalam bentuk perlengkapan sekolah kepada teman-temen yang membutuhkan.

TEMA KARYA : MENOLONG

Hadiah menarik menantimu!
  • Juara 1 Rp. 5.000.000,- + laptop dan produk tupperware
  • Juara 2 Rp. 3.000.000,- + laptop dan produk tupperware
  • Juara 3 Rp. 1.000.000,- + laptop dan produk tupperware 

PERSYARATAN :
  • Karya harus disertai dengan pencantuman data diri. Nama lengkap, kelas, usia, nama sekolah, alamat rumah, alamat sekolah, alamat email (bila ada) dan nomer telepon yang bisa dihubungi.
  • Masukkan karyamu ke dalam amplop lalu kirim ke : PT. Tupperware Indonesia, Alamanda Tower lantai 15. Unit A- E, Jalan T.B. Simatupang Kavling 23 - 26, Cilandak, Jakarta 12630. Atau email ke : customer@tupperware.com
  • Dibagian kiri atas amplop tulis :
  1. KODE A (SD) : KARYA CERITA atau KARYA GAMBAR
  2. KODE B (SMP) : KARYA CERITA atau KARYA GAMBAR
  3. KODE C (SMU) : KARYA CERITA atau KARYA GAMBAR atau KARYA FOTOGRAFI
  • Karya paling lambat diterima panitia tanggal : 30 Maret 2015 
  • Lomba terbuka untuk pelajar setingkat SD, SMP & SMU seluruh Indonesia
  • Hasil karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau dipublikasikan
  • Program ini tidak dipungut biaya
  • Cara penulisan bebas (tidak ada batasan halaman, bisa tulis tangan, ketik manual ataupun komputer)
  • Media dan alat gambar bebas namun tidak diperkenankan menggambar menggunakan komputer 
  • Karya fotografi bebas bisa menggunakan kamera jenis apapun (kamera digital, kamera manual, kamera smartphone, kamera tablet) dengan ukuran cetak 8R (khusus tingkat SMU) 
  • Karya yang diterima akan menjadi hak milik panitia dan tidak akan dikembalikan
  • Panitia berhak mempublikasikan hasil karya peserta/pemenang di media massa dan atau di media promosi Tupperware lainnya
  • Nama pemenang akan diumumkan melalui website www.tupperware.co.id dan akan dihubungi secara resmi via surat dan telepon di akhir Mei 2015
  • Tidak ada surat menyurat dalam proses penjurian. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat digangguu gugat

    Kamis, 22 Januari 2015

    SAYEMBARA MENULIS NASKAH SERIAL KKJD

    Kamu suka menulis cerita, terutama kisah misteri atau detektif?
    Ada kesempatan bagus yang sayang banget dilewatkan 
    SAYEMBARA MENULIS CERITA SERIAL KKJD dari Penerbit DAR! Mizan.
    Sebelum, bikin baca dulu ketentuannya, yuk





    Buat teman-teman yang suka menulis cerita misteri atau detektif, yuk ikutan sayembara menulis naskah Kecil-Kecil Jadi Detektif (KKJD)!
    Ini dia persyaratannya:

    1. Jumlah halaman cerita 40 halaman (tidak termasuk kata pengantar, ucapan terima kasih, daftar isi, halaman profil, dll)
    2. Ukuran kertas HVS A4, spasi 1.5, jenis huruf Times New Roman ukuran 12 pt.
    3. Dikirim ke alamat e-mail lombadar@mizan.com dengan subjek e-mail: Naskah KKJD Hunt 
    4. Karya yang dikirim adalah karya asli perseorangan. Tidak boleh menjiplak dan mengadaptasi dari karya orang lain
    5. Karya tidak boleh menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan), kekerasan, ketidaksopanan terhadap teman, orang tua, dan guru
    6. Karya disertai dengan biodata lengkap (Nama, Alamat, TTL, Sekolah, No. Telp/HP, e-mail, Fb/Twitter)
    7. Karya diterima paling lambat 27 Maret 2015
    8. Tema cerita adalah seputar cerita misteri, detektif

    Kami tunggu karya terbaik teman-teman ya! Karya yang terpilih akan dijadikan buku KKJD dan tentunya mendapat honor. ;)
    Sayembara menulis KKJD ini terbuka untuk semua usia. :)

    Selamat mencoba!



    Salam,

    Karima - Kiki - Putra - Karin 

    Semoga beruntung

    Sabtu, 17 Januari 2015

    BUKU TERBARUKU : KKJD MISTERI BONEKA MATRYOSKHA

    buku terbaruku

    Alhamdulillah buku terbaruku udah terbit. Kali ini ceritanya berbau misteri dan agak-agak horor gitu. Cerita tentang 2 gadis kembar yang mengalamii teror boneka yang dikutuk. 

    Kayak gini nih sinopsisnya :
     
    Boneka Matryoshka yang tengah dipegang Pepin itu tiba-tiba mengeluarkan suara tangisan. Pepin dan Kaelyn menjerit ketakutan. Mereka teringat kisah yang diceritakan Nenek Camyle. Pemilik boneka tersebut meninggal ketika rumahnya terbakar. Benarkah arwahnya kemudian menghantui boneka tersebut?

    Pepin dan Kaelyn adalah saudara kembar yang dimintai tolong oleh Nenek Camyle untuk menjaga koleksi boneka kuno dalam sebuah pameran barang antik. Nenek Camyle adalah kolektor berbagai macam boneka antik.

    Kejadian demi kejadian aneh pun dialami si Kembar setelah Nenek Camyle menceritakan kisah kutukan boneka Matryoshka. Salah satunya saat mereka menginap di rumah sang nenek. Benarkah kejadian di rumah Nenek Camyle tersebut gara-gara kutukan boneka Matryoshka?



    Jangan lupa dikoleksi ya

    Rabu, 07 Januari 2015

    TIPS MENJAGA AGAR TETAP KONSISTEN MENULIS



    Rasanya pasti bahagia banget, ketika mimpi kita untuk menjadi seorang penulis telah terwujud. Karya kita telah diterbitkan dalam sebuah buku atau mejeng di koran maupun majalah. Tapi, bukan berarti setelah karya pertama kita akhirnya bisa dibaca oleh orang lain, kita lantas berhenti menulis. Sebab untuk bisa terus menjadi seorang penulis kita harus konsisten dalam menulis.

    Dan justru inilah hal tersulit bagi kita untuk terus menulis tanpa henti. Namun, bukannya lantas enggak bisa. Karena ada tips yang bisa kita praktekkan agar kita tetap konsisten menulis.




    MOTIVASI
    • Hal paling utama dan mendasar adalah motivasi. Dan motivasi terkuat pastilah harus berasal dari diri kita sendiri
    • Misalnya mengapa kita ingin menjadi penulis? Apakah karena kita memang suka menulis?
    • Apakah menjadi penulis akan mempengaruhi kehidupan kita?
    • Atau membuat kita akan semakin disayang oleh orang-orang di sekitar kita?
    • Dan masih banyak lainnya.
    • Jadi diri kita sendirilah yang harus mencari dan menggali motivasi itu. Karena hal tersebut akan menjadi tenaga pendorong yang amat kuat untuk memujudkan impian kita untuk terus menjadi seorang penulis.
    .
    MINTA TOLONG PADA ORANG LAIN
    •  Hal kedua yang terpenting adalah minta tolong pada orang lain. Bisa orang tua, sahabat, atau orang lain yang kita percaya dan mengerti akan keinginan kita untuk terus menjadi seorang penulis.
    • Sebab bukan tidak mungkin suatu ketika kita lupa, malas, bosan atau malah patah semangat. Dengan dorongan dari orang-orang terdekat, keinginan kita untuk terus konsisten menulis pasti akan bisa dipelihara.
    • Jadi jangan lupa untuk memberitahu orang yang kita percayai tentang niat kita untuk terus konsisten menulis. Agar mereka bisa selalu mengingatkan.


     MENULISLAH SETIAP HARI
    • Jika kita ingin terus menjadi seorang penulis sediakan waktu setiap harinya dan taati saat-saat itu untuk terus menulis..
    • Andai kata saat itu tiba dan kita merasa tidak memiliki ide jangan berhenti menulis/ Tetaplah menulis apapun yang ada dalam otak kita.
    • Kita bisa menulis tentang apa yang kita alami hari ini atau menuliskan apa yang kita lihat hari ini.
    • Hal tersebut agar kita bisa terus menjaga komitment untuk terus menulis.
    • Sebab jika sehari saja kita bolong menulis, pasti akan susah sekali untuk memulai lagi.
     

    BUAT  TARGET
    • Buatlah target. Misal kita menargetkan dalam 3 bulan harus sudah menyelesaikan novel sebanyak 100 lembar. Tentunya setiap hari kita harus menulis sebanyak beberapa lembar.
    • Catat setiap hari perkembangan target menulis kita. Bisa di buku harian, di selembar kertas yang ditempelkan di dinding. 
    • Karena dengan membuat target kita akan terus konsisten menulis.
     


    BERI HADIAH ATAU HUKUMAN
    • Jika kita berhasil menyelesaikan sebuah tulisan sesuai target, beri hadiah untuk diri kita sendiri. Tapi tidak perlu terlalu berlebihan. Bisa saja hadiahnya berupa membeli makanan kesukaan kita, menonton acara TV yang terlewat karena kita harus konsentrasi menulis dll. 
    • Begitu juga jika kita tidak bisa memenuhi target yang telah kita buat sendiri, sebaiknya kita juga menerapkan hukuman untuk diri sendiri.Sehingga kita akan terus konsisten menulis.
    Semoga bermanfaat.



    Senin, 05 Januari 2015

    JALAN-JALAN KE KERATON KASUNANAN SOLO

    keraton Solo

    Keraton Kasunanan Surakarta, merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Itulah sebabnya aku tidak ingin melewatkannya saat pergi ke Solo.

    Keraton yang letaknya di pusat kota Solo ini, dibangun pada taun 1743 - 1745 dan diarsiteki oleh Pangeran Mangkubumi. 

    silsilah dinasti Mataram

    Setelah membeli tiket masuk seharga 10 ribu rupiah per-orang, aku berjalan menuju pintu masuk keraton yang letaknya cukup jauh dari loket pembelian tiketnya. Karena aku datang saat liburan taun baru, jadi cukup banyak juga wisatawan yang mengunjungi keraton ini.

    bagian dalam keraton

    Bagian dalam keraton ini memiliki koridor yang sangat luas. Dan di tengah-tengah koridor tersebut terdapat halaman berumput dengan sebuah bangunan di bagian tengahnya.

    halaman keraton


    Selain di bagian ini, kita bisa masuk ke bagian dalam keraton yang lain. Akan tetapi ada peraturan khusus untuk masuk ke tempat ini. Diantaranya kita harus melepas sandal. Jadi kalo kalian tidak mau melepas alas kaki, lebih baik memakai sepatu tertutup saat mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta ini. Kita juga harus berpakaian sopan, tidak boleh merokok, makan, dilarang juga memakai topi dan kacamata hitam.

    tata tertib di Keraton

    Bagian keraton yang dalam ini halamannya dipenuhi dengan pasir.Tempatnya teduh dan sejuk karena ada banyak pepohonan di sana. Selain itu ada berbagai bangunan yang dapat kita lihat. Juga ada banyak patung di depan salah satu bangunan.


    halaman keraton yang berpasir

    Selain itu kita juga bisa melihat koleksi berbagai benda bersejarah yang ada di bagian dalam ruangan dari keraton ini.

    berbagai benda bersejarah










    Kamis, 01 Januari 2015

    TIPS MEWUJUDKAN HARAPAN DAN IMPIAN DI TAHUN BARU


    Taun 2014 telah berlalu, digantikan oleh tahun 2015. Dan hari paling awal di tahun baru, biasanya dijadikan sebagai hari untuk mengikrarkan harapan dan impian kita. Tapi seringnya kita enggak bisa mewujudkan semua impian dan harapan karena berbagai macam hal.

    Nah, buat kamu yang sering banget melupakan semua resolusi yang udah kamu buat di awal taun baru, ada tips agar impian dan harapan kita bisa terwujud:




    TULIS RESOLUSI KAMU
    • Jika kita mempunyai impian dan harapan di tahun baru, tulis semuanya di selembar kertas. Lalu pasang kertas tersebut di meja belajar, di pintu kulkas atau di tempat-tempat yang bisa kita lihat setiap hari.
    • Jadi kita bisa termotivasi untuk mewujudkannya.
     

     MANFAATKAN SOSIAL MEDIA
    • Saat ini siapa sih yang enggak kenal jejaring sosial. Hampir semua orang sudah memiliki akun FB, twitter, Path, dll. 
    • Bahkan banyak dari kita yang menggunakan sosmed sebagai ajang untuk memamerkan semua aktivitas kehidupan kita.
    • Jadi kenapa enggak kita share apa yang menjadi impian dan harapan kita di tahun 2015 ini.
    • Dengan memamerkan semua resolusi kita di tahun baru, pasti kita jadi terpacu untuk mewujudkannya. Kita akan malu dong, kalo hanya sekedar pamer tanpa ada keinginan untuk berusaha mengejar harapan dan impian kita.
     
     

    AJAK ORANG LAIN
    • Pasti enggak cuma kita aja yang membuat resolusi di tahun baru. Mungkin ada teman, sahabat, saudara atau malah juga orang tua kita yang juga mempunyai impian dan harapan yang ingin diwujudkan di tahun yang baru.
    • Jika kita tahu diantara mereka juga memiliki harapan dan impian di tahun baru, kenapa enggak kita ajak mereka untuk sama-sama bertekad kuat mewujudkannya.
    • Dan buat juga kesepakatan agar kita bisa saling mengingatkan jika ada diantara kita mulai melupakan impian dan harapan. Atau bila perlu ada juga hukuman yang harus diterapkan jika kita masih juga melupakan apa yang telah menjadi resolusi kita.
     


    BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS
    • Sekarang ada banyak komunitas yang dibentuk berdasarkan hobi yang sama, profesi yang sama, dll. Bukan hanya di dunia nyata namun juga di dunia maya.
    • Nah, ini saatnya kita untuk bergabung dengan salah satu komunitas tersebut yang ada hubungannya dengan resolusi kita.
    • Misal kita ingin bisa menerbitkan sebuah buku di tahun ini. Kita bisa bergabung dengan komunitas menulis. Biasanya banyak hal positif yang kita dapatkan di sana. Seperti berbagi tips menulis, berbagi info lomba menulis, berbagi penerbit yang menerima naskah. Juga biasanya komunitas menulis ini banyak yang membagi buku-buku atau karya mereka yang telah diterbitkan. Ini bisa memacu kita untuk lebih bersemangat mewujudkan mimpi kita menerbitkan sebuah buku di tahun yang baru.

    Semoga bermanfaat