Kamis, 11 Desember 2014

TIPS MENGISI LIBURAN PANJANG DI RUMAH

Nggak perlu sedih, galau atau bingung kalo kamu nggak punya rencana berlibur keluar kota. Masih ada banyak hal asyik yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan di rumah.

  • MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN 
 
ayo pilih buku yang mana

Kalo selama ini kamu jarang atau malah nggak pernah pergi ke puspustakaan yang ada di kotamu, kenapa enggak menyempatkan diri ke sana selama liburan.
Biasanya di perpus ada banyak koleksi buku. Mulai dari buku bacaan untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, buku pengetahuan, buku pelajaran, koran, majalah, tabloid dan masih banyak lainnya.
Kalo kamu suka nulis, siapa tahu pas kamu baca sebuah buku mendadak dapet ide baru. Nah, bermanfaat banget, kan.
Di perpustakaan juga kadang ada hotspot area Jadi sambil pergi ke sana kita bisa membawa laptop atau hape. Kamu masih tetep bisa eksis di sosmed, kan waktu ke perpustakaan. Cuma jangan lupa tujuan utama kita ke sana.
  • BELAJAR MEMASAK 
 
masak, yuk
Kamu suka makan? Kenapa enggak coba bikin masakan sendiri saat liburan. Memang sih pertamanya kita belajar memasak itu enggak gampang. Tapi asal kita mau pasti nanti juga bisa.
Kamu bisa belajar memasak bareng orangtua, saudara atau temen-temen. Sedangkan resepnya bisa dilihat dari buku resep masakan, dari intertent. Atau paling gampang sih tanya sama mama, nenek, tante juga yang lainnya.

  • BERKEBUN 
 
jangan lupa disiram juga tanamannya

Kalo di rumah ada tanaman pasti rumah jadi lebih keliatan indah, segar dan menarik.
Liburan kali ini kita isi dengan berkebun, yuk. Ada banyak tanaman yang bisa kita tanam. Ada bunga, sayur tanaman buah atau yang lainnya. 
Enggak punya halaman yang luas juga enggak papa. Soalnya sekarang banyak dijual pot bunga aneka bentuk dan ukuran.
Ayo, isi liburanmu dengan berkebun.

  • MEMBUAT KERAJINAN TANGAN

asyik banget bikin kerajinan tangan

Kalian suka pakai bando, ikat rambut atau aksesoris lainnya. Nah, kebayang nggak sih kalo kalian memakai benda-benda itu tapi buatan sendiri?
Liburan panjang bisa dipakai untuk membuat kerajinan tangan. Kalo enggak punya teman atau saudara yang bisa mengajari, ada kok buku-buku yang menjual cara membuat kerajinan tangan. Atau bisa juga cari caranya di internet.
Apalagi kita belajarnya bersama temen-temen. Pasti makin seru, deh. Dan siapa tau nanti hasilnya menarik perhatian temen lainnya. Nah kamu jadi bisa punya penghasilan sendiri, kan.

  • MEMBUKA PERPUSTAKAAN DI RUMAH

yuk, bikin perpustakaan

Punya koleksi buku banyak di rumah? Kenapa enggak bikin perpustakaan pribadi di rumah. Undang temen-temen kamu biar mereka suka membaca. Nah, rumah kamu jadi enggak sepi kan kalo ada temen-temen yang dateng.
Kamu bisa menarik uang dari temen-temen yang pinjam buku kamu misal bukunya dibawa pulang. Soalnya kan pasti kita butuh uang untuk beli buku baru atau buat beli sampul bukunya. Enggak perlu mahal-mahal, kok. 
Tapi bisa juga kamu enggak perlu menarik bayaran. Yang penting liburan kamu menyenangkan.

  • JALAN-JALAN KELILING KOTA

seru loh keliling kota bareng temen-temen
Selama ini kamu mungkin kurang memperhatikan tempat-tempat yang sebetulnya bisa dikunjungi selama liburan seperti taman kota, wisata kuliner, dll.
Kenapa enggak mencoba menjelajah kota kamu selama liburan ini. Ajak temen-temen, saudara, adik dan kakak kamu biar suasana lebih ramai. Bukan nggak mungkin ada tempat-tempat asyik yang selama ini terlewatkan.

Semoga bermanfaat.

 




Minggu, 07 Desember 2014

INI, DIA. TEMPAT WISATA PALING MENARIK DI DIENG

Masih bingung memutuskan mau liburan kemana? 
Kenapa enggak coba jalan-jalan ke Dieng aja. Tempat wisata berhawa dingin ini punya banyak lokasi menarik untuk dikunjungi, loh.

  • TELAGA WARNA 
Telaga Warna
Telaga Warna terletak di Dieng. Tempat ini menyimpan pesona yang amat memukau. Air di telaga ini tidak berwarna bening seperti air pada umumnya. Namun air di Telaga Warna memiliki warna hijau. Warna tersebut terjadi akibat kandungan sulfur yang cukup tinggi.

  • GUA SEMAR, GUA SUMUR, GUA JARAN DAN GUA PENGANTIN

Gua Semar

Gua Semar, Gua Sumur, Gua Jaran dan Gua Pengantin berada 1 lokasi dengan Telaga Warna. Jadi selain menikmati keindahan Telaga Warna, kita juga bisa melihat gua-gua tersebut.


sesajen dalam gua

Gua Semar sangat mudah dikenali dari kejauhan. Karena ada patung Semar di bagian depannya. Dinamakan Gua Semar karena masyarakat setempat meyakini tempat ini dijaga oleh Batara Semar.
Tak jauh dari Gua Semar, kita bisa menemukan Gua Sumur. Gua yang di bagian depannya ada arca wanita yang membawa kendi ini memiliki kolam yang airnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan membuat orang menjadi lebih cantik.


papan penanda menuju Gua Pengantin

Sementara Gua Sumur memiliki sebuah kolam yang airnya diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit serta membuah cantik. Gua Jaran sendiri diberi nama tersebut karena bentuk guanya yang menyerupai jaran (kuda). Selain ketiga gua tersebut, kita juga bisa melihat Gua Pengantin.

  • TELAGA PENGILON

Telaga Pengilon
Telaga Pengilon juga letaknya masih 1 komplek dengan Telaga Warna serta gua-gua tadi. Berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki air berwarna. Air di Telaga Pengilon itu amat bening hingga bisa untuk bercermin (Pengilon).
  • KAWAH SIKIDANG
Kawah Sikidang

Selain telaga dan gua, di Dieng juga kita bisa melihat Kawah. Dinamakan Kawah Sikidang karena kawah ini letaknya sering berpindah-pindah. Selain kawah utama yang amat besar, terdapat juga kawah-kawah kecil yang bisa kita amati dari dekat.
kawah kecil yang bisa ditemui 

  •  SUMUR JALATUNDA
Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda masih berlokasi di Dieng. Untuk melihat sumur yang amat luas dan dalam ini kita harus mendaki banyak tangga. Konon jika kita bisa melempar kerikil hingga jauh melewati sumur tersebut, kita akan mendapatkan keberuntungan. 
  • CANDI ARJUNA

komplek Candi Arjuna
Di Dieng juga terdapat banyak candi. Komplek Candi Arjuna ini merupakan candi hindu yang tertua di Pulau Jawa.  Candi-candi yang dapat kita lihat diantaranya Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Srikandi dan Candi Puntadewa.

  • WISATA SIKUNIR

wisata Sikunir

Ingin menikmati indahnya matahari terbit? Pergilah ke obyek wisata Sikunir yang terletak di Bukit Sikunir, Dieng. Tempat ini menjadi favorit para pelancong yang ingin menyaksikan terbitnya matahari. Hanya untuk mencapai tempat ini kita harus mendaki dan rela berjalan pagi-pagi.













Selasa, 02 Desember 2014

AUDISI NASKAH PBC TRUE 2014

Buat temen-temen yang punya kisah menarik dalam hidupnya. Dan selama ini hanya terpendam di hati aja. Ini waktunya bagi kamu untuk menuliskannya dalam sebuah cerpen di AUDISI NASKAH PBC TRUE 2014.
Yang penting usia kamu 14 - 17 taun.




Dear PBC Lovers,

Mungkin saat ini kita sama-sama tahu bahwa tidak selalu keseharian kita bergulir dengan manis. Sekarang bisa jadi kita punya orangtua lengkap, banyak teman-teman, serta keyakinan bahwa selama kita berusaha dan berdoa maka jalan hidup kita akan dimudahkan. Namun, sadarkah kamu bahwa hal-hal yang kita pikir bakalan selamanya ada bisa hilang tiba-tiba? Bahwa tidak selalu Tuhan langsung menjawab doa kita? Bahwa ada kalanya kita tumbuh menjadi sosok yang berbeda dengan orang-orang di sekitar kita? Dan tidak selamanya warna pink terus cemerlang.

Sama halnya dengan kebahagiaan, kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Kadang-kadang kita berpikir kesedihan akan hilang sendiri jika kita mengabaikannya. Seolah ia merupakan sesuatu yang harus ditelan sendiri dalam diam. Namun percayalah, seperti kebahagiaan, kesedihan pun bisa dibagi. Hati yang kini berat, dapat menjadi ringan seandainya kita dapat mengekspresikan isinya.  Seandainya kita bisa membagi cerita sedih kita kepada orang lain.

Itulah mengapa, kali ini redaksi DAR! Mizan menyelenggarakan audisi naskah PBC True 2014. Dalam audisi ini, kamu diundang mengirimkan naskah cerpen berdasarkan peristiwa nyata yang pernah kamu alami sendiri (true story). Naskah yang lolos audisi akan diterbitkan dalam seri PBC True, dan penulisnya akan mendapat honor yang layak. 

Berikut ketentuan lengkapnya:
  • Naskah cerpen berdasarkan kejadian nyata yang pernah dialami sendiri. 
  • Ada empat tema yang bisa kamu pilih: 1) Missing You (Menghadapi Kehilangan), 2) Growing Up (Menghadapi Pubertas), 3) Bullying (Menghadapi Penindasan), dan 4) Scary (Menghadapi Ketakutan). Kamu bisa mengirimkan lebih dari satu naskah cerita, asalkan naskah tersebut berbeda tema. 
  • Satu cerita terdiri dari 5-6 halaman A4. Spasi: 1.5. Font: Times New Roman, ukuran 12. 
  • Usia penulis 14-17 tahun. 
  • Cerita, biodata, dan foto penulis dikirim via e-mail, ke naskahpbc@gmail.com. Dengan subyek: Audisi Naskah PBC True 2014 - <tema pilihanmu>. Contoh: Audisi Naskah PBC True 2014 – Bullying. 
  • Diterima paling lambat tanggal 31 Desember 2014, pukul 24:00.

Salam hangat,
Dari kami yang setia menanti kisah-kisahmu.

Semoga beruntung

Minggu, 30 November 2014

NAIK KERETA API JOGJA - SOLO PP

Stasiun Tugu - Jogjakarta

Pertengahan bulan November kemarin, aku dan mamaku pergi ke Solo. Untuk menuju ke sana, dari kota Jogja kami sengaja naik kereta api.

Sebelumnya udah beberapa kali aku naik kereta. Dan aku selalu merasa nyaman setiap kali bepergian dengan kereta api. Karena naik kereta itu dijamin enggak bakal macet. Selain itu stasiunnya selalu bersih dengan bangunan yang masih kuno. Di stasiun juga enggak sembarang orang bisa masuk ke dalam. Hanya orang-orang yang punya tiket aja yang bisa. Jadi nggak beda jauh sama bandara.


area tunggu stasiun Jogja

Saat menuju Jogja, kami berdua naik kereta api PRAMEK yang tiketnya seharga 6 ribu. Oya, di kereta api ini enggak ada pengaturan gerbong ataupun tempat duduk. Jadi kita boleh naik dan duduk di mana aja.

Kereta api PRAMEK menurut aku termasuk nyaman. Enggak ada pedagang yang boleh masuk. Bagian dalamnya bersih, terang bahkan ber AC. Untungla,h karena aku memang enggak tahan panas. Maklum, anak gunung.


kereta api PRAMEK
 
Oya, menurut penuturan petugas dan orang-orang yang telah terbiasa memakai PRAMEK, biasanya saat akhir pekan kereta api ini cenderung penuh Tentu saja aku agak was-was karena saat itu hari Jumat sore. Gimana kalo kami nggak dapet tempat duduk karena saat itu pas waktunya orang-orang pulang?

Jadi begitu keretanya datang, buru-buru aku masuk ke dalam gerbong dan mencari kursi yang masih kosong. Ternyata penumpangnya belum terlalu banyak. Soalnya kami naik dari stasiun awal. Yaitu stasiun Tugu, Jogja. Barulah saat berhenti di stasiun Maguwo, yang lokasinya dekat bandara, ada beberapa orang yang terpaksa berdiri. Tapi itupun nggak terlalu banyak. Dan untuk orang-orang yang harus berdiri ini, disediakan pegangan di bagian atas.

Sementara jarak tempuh dari Jogja - Solo dengan PRAMEK, hanya 1 jam lebih beberapa menit saja. Dan selama di perjalanan, kereta ini hanya berhenti di beberapa stasiun. Seperti stasiun Lempuyangan - Jogja, Maguwo - Jogja, Klaten, Purwosari - Solo dan terakhir di stasiun Balapan - Solo.

Pemandangan yang banyak ditemui selama dalam perjalanan ini adalah sawah.

pemandangan selama perjalanan


Karena merasa nyaman dengan kereta api PRAMEK, saat pulang aku dan mamaku rencananya ingin naik kereta itu lagi. Sayangnya kami kehabisan tiket karena waktu itu hari Minggu. Untung ada banyak kereta yang melayani rute Solo - Jogja. Jadilah akhirnya kami naik kereta api SIDOMUKTI.


bagian dalam kereta api SIDOMUKTI
Berbeda dengan kereta api PRAMEK, tiket SIDOMUKTI harganya 20 ribu. Oya, untuk kereta api jurusan Jogja - Solo ini kita enggak bisa pesan. Jadi harus langsung beli tiketnya di loket stasiun hari itu juga.

Karena harganya lebih mahal beberapa kali lipat, pasti dong fasilitasnya beda. Di kereta ini semua penumpang mendapat nomer gerbong dan nomer tempat duduk. Selain AC, kereta ini dilengkapi dengan toilet, colokan charger, tempat meletakkan botol minum bahkan sejak naik dari Balapan - Solo sudah diputar musik hingga tiba di Jogjakarta.


ada colokan chareger juga tempat minum

Untuk waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Jadi enggak beda jauh sama PRAMEK. Hanya kereta ini enggak berhenti di stasiun Maguwo - Jogja. Jadi buat temen-temen yang mau naik SIDOMUKTI enggak bisa naik/turun di stasiun Maguwo. Harus dari stasiun Tugu atau Lempuyangan.


area tunggu stasiun Balapan Solo

Selain PRAMEK dan SIDOMUKTI yang melayani jurusan Jogja - Solo PP, ada juga SRIWEDARI dan beberapa kereta lainnya. Tentunya dengan jam keberangkatan yang berbeda.


Stasiun Balapan - Solo

Jadi buat temen-temen yang mau liburan, yuk naik kereta api aja. Asyik, dan nambah pengalaman, loh.

Jumat, 28 November 2014

CARA MUDAH MEMBUAT BLOG

Mungkin ada diantara teman-teman yang masih kesusahan membuat blog. Kali ini aku ingin berbagi tutorialnya.

Caranya cukup mudah. Tinggal ikuti step-step berikut ini yang udah aku lengkapi dengan gambar
  • Masuk ke blogger.com
  • Buat akun gmail dengan cara klik BUAT AKUN
buat akun gmail

  • Isi formulirnya secara lengkap lalu isi juga data yang lainnya sampai selesai
 

isi formulir



  • Setelah selesai membuat akun google, klik kembali ke blogger
  • Lalu buat blog baru dengan mengisi judul, alamat blog juga pilihan templatenya. 
  • Terakhir klik BUAT BLOG
 
buat blog baru
 
  • Selesai tahap ini berarti kita udah memiliki sebuah blog.
  • Tapi blognya belum terlihatkarena kita belum memposting apapun di dalamnya.
 
ciptakan blog anda

  • Untuk membuat blog kita bisa terlihat, klik BLOG BARU
 
klik blog baru
 
  • lalu klik MULAI NGE-BLOG
 
klik mulai ngeblog
 
  • Nah, sekarang tinggal buat postingan pertama
  • Iangan lupa isi bagian judul, bagian isi, masukkan juga nama label di bagian setelan entri. Setelah itu klik PUBLIKASIKAN 
 
membuat entry baru

  • Terakhir jangan lupa klik LIHAT BLOG
 
klik lihat blog

  • Nah, sekarang blog kita sudah terlihat
Semoga bermanfaat.