Selasa, 08 Juli 2014

RESEP PUDING COKLAT JERUK

Selain suka menulis aku juga suka banget masak loh biarpun baru bisa bikin makanan yang sederhana kayak puding coklat jeruk yang aku bikin kali ini.

Bahan dan cara bikinnya enggak susah, kok. Kalian juga pasti bisa. Nah, ini dia yang harus kalian siapkan dan kalian kerjakan :



BAHAN-BAHAN :






  • 2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 500 ml jus jeruk (atau bisa juga pake perasan air jeruk mandarin)
  • 400 ml susu coklat
  • 10 sendok makan gula pasir  



CARA MEMBUAT :




masukkan ke dalam panci 500 ml jus jeruk atau bisa juga perasan jeruk mandarin, 1 bungkus agar-agar dan 5 sendok makan gula pasir





masak sambil diaduk-aduk




setelah mendidih tuang ke dalam loyang atau cetakan agar-agar dan dinginkan hingga keras




Nah, udah jadi deh puding jeruknya.
Sekarang tinggal bikin puding coklatnya. Caranya sama kok yaitu :


  • Masukkan ke dalam panci 400 ml susu coklat, 1 bungkus agar-agar dan 5 sendok makan gula pasir (kalo enggak terlalu suka manis, gulanya bisa dikurangi)
  • Masak hingga mendidih sambil diaduk
  • Tuang ke atas puding jeruk yang telah mengeras




ini dia puding coklat jeruk yang udah jadi



Gimana? Gampang kan cara bikinnya.
Yuk, coba bikin buat buka puasa sore nanti

Kamis, 03 Juli 2014

TEMPAT WISATA JOGJA YANG RAMAH BUAT DIFABEL PENGGUNA KURSI RODA

Mungkin informasi ini penting, mungkin juga enggak. Tapi seenggaknya bisa buat nambah pengetahuan kan.

Beberapa hari yang lalu aku pergi ke Jogja. Udah sering sih sebenernya ke sana. Malah aku udah nerbitin buku KKPK TRAVELA Keremanja Di Jogjakarta, yang isinya tentang tempat wisata di jogja termasuk wisata kuliner dan oleh-olehnya. 
Tapi dalam buku itu enggak aku cantumin tempat wisata yang ramah buat difabel khususnya difabel yang pake kursi roda karena memang waktu itu aku enggak kepikiran.
Nah, kali ini aku pengen berbagi sama temen-temen. Mungkin diantara kalian ada yang entah ortunya, saudaranya, temennya atau malah kalian sendiri yang pake kursi roda dan pengen jalan-jalan ke Jogja. Semoga info ini bisa bermanfaat ya.

Karena waktu itu aku kebetulan nginepnya di sekitar Malioboro, jadi aku cuma ngambil tempat wisata yang dekat. Dan ini ada 3 tempat wisata yang aku kunjungi dan tempat ini ramah buat difabel khususnya yang pake kursi roda

  • MALIOBORO


pedagang kali lima di sepanjang trotoar jalan Malioboro


Siapa belum pernah denger tentang Malioboro? Kayaknya hampir semua udah pada tau deh. Karena memang rasanya ke Jogja tanpa ke Malioboro itu kurang greget. Soalnya di Malioboro ini kita bisa beli beraneka macam souvenir khas Jogja. Mulai dari sandal, baju, sepatu, aksesoris, tas, dompet dan masih banyak yang lainnya. Selain itu juga di sekitar Malioboro ada banyak hotel, makanan dan toko-toko di sepanjang jalannya.
Nah, jalanan di Malioboro itu dipisahkan antara jalur untuk kendaraan bermotor juga becak dan andong. Sementara jajaran pedagang kakilima menempati di sepanjang trotoar yang lumayan lebar. Jadi buat yang memakai kursi roda bisa menyusuri jalur ini.
Memang sih enggak ada yang sempurna. Soalnya ada juga ujung trotoar yang agak tinggi. Tapi pemakai kursi roda bisa keluar dari antara pedagang dan langsung ke jalur jalanan untuk becak/andong. Tenang aja jalanan ini cukup aman kok. Dan kebanyakan mereka mau memberi ruang untuk para pemakai kursi roda.
Hanya saja di depan Mal Malioboro, kita bisa naik dari sisi utara, tapi sisi selatannya terlalu tinggi. jadi sebaiknya kita menghindari naik ke trotoar yang ada di depan Mal itu. Kita lewat saja di jalur depan Mal. 
Tapi secara umum sih pemakai kursi roda bisa dengan mudah melewati jalanan di Malioboro ini dan menikmati wisata belanja di sana


  • BENTENG VREDEBURG



bagian depan Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg terdapat di ujung jalan Malioboro sebelum perempatan kantor pos. Tempatnya luas dan di dalamnya terdapat diorama-diorama yang berisi tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. 
Di benteng ini pemakai kursi roda bisa dengan nyaman masuk ke dalam dan menikmati bangunan benteng yang masih tampak bagus dan terawat. Bagian depan benteng sama sekali tidak ada tangga. Jalanannya lebar sementara bagian dalam dioramanya juga luas dan nyaman untuk dilewati para pemakai kursi roda. Malah terdapat jalur khusus untuk pengguna kursi roda yaitu berupa tempat untuk turun/naik.





tempat masuk ke Diorama 3 



  • KERATON JOGJAKARTA



Selamat datang di Keraton Jogjakarta


Satu lagi tempat wisata di Jogjakarta yang ramah untuk difabel pengguna kursi roda. Yaitu Keraton Jogjakarta. Tapi yang menyediakan tempat khusus untuk turun/naik hanya keraton tempat tinggal Sultan. Di sini para pengguna kursi roda bisa dengan nyaman masuk ke dalam dan mengagumi keindahan istana Sultan. Hanya saja ada beberapa ruang yang tidak dapat dimasuki sebab agak sedikit naik. Mungkin sebenarnya sih bisa aja naik. Tapi waktu itu kami enggak masuk ke dalam.

Okeee itu 3 tempat wisata di sekitar Malioboro yang ramah untuk difabel pengguna kursi roda. Dan mungkin ada tempat lain yang bisa dengan nyaman dikunjungi oleh para pengguna kursi roda. Hanya saja aku bellum ke tempat-tempat itu.

Mungkin temen-temen bisa ngasih tau sama aku tempat yang ramah untuk difabel lainnya?



Selasa, 01 Juli 2014

LOMBA KKPK "AKU DAN OLAHRAGA"

Hai temen-temen buat kamu yang suka nulis, ini ada lomba lagi dari KKPK


LOMBA CERPEN 
AKU DAN OLAHRAGA


Persyaratan :

  1. Berumur di bawah 12 tahun
  2. Tema cerita : AKU DAN OLAHRAGA
  3. Cerita adalah pengalaman nyata yang kamu alami. Boleh humor, drama, tragedi dan lain-lain
  4. Gaya penyampaian dalam bentuk cerpen
  5. Halaman : 4-5, spasi 1,5 font Calibri 12 points, kertas A4
  6. Batas waktu pengiriman 22 Agustus 2014
  7. Pengumuman 29 Agustus 2014 hanya di FB KECIL-KECIL PUNYA KARYA dan Twitter @KaKaPeKa
  8. Naskah dikirim beserta biodata lengkap (nama, alamat, tempat tanggal lahir, sekolah, nomer telpon/hape, email, FB/Twitter) ke email : lombadar@mizan.com dengan subjek email : AKU DAN OLAHRAGA
  9. Sepuluh naskah terbaik akan diterbitkan dan mendapatkan honor




Sabtu, 07 Juni 2014

NAIK KERETA API SERU JUGA LOH

Aku ada di Bandung, tepatnya di stasiun. Wah aku enggak nyangka ternyata stasiun Bandung itu bersih banget dan enggak bising. Itu karena yang bisa masih ke dalam stasiun hanyalah para penumpang yang punya tiket. Jadi sama kayak di bandara. Untunglah begitu. Soalnya tempat ini jadi enggak penuh banget.
Dan di dekat loket ada sebuah minimarket, sementara di dalamnya terdapat resto, toko kue serta tempat duduk sambil menunggu kereta kita datang, toilet (sayang toiletnya agak berbau dan kotor) bahkan mesin ATM. Jadi hampir semua yang kita butuhkan ada di sini.





stasiun kereta api Bandung yang bersih


Sebenernya ini bukan pengalaman pertamaku naik kereta api. Tapi entah kenapa waktu aku naik kereta api dari Bandung ke Jogjakarta ini, aku menikmati banget perjalanannya. Kereta api yang aku naiki bersih. Selain itu dilengkapi juga dengan AC, TV, toilet juga ada colokan untuk charger di tiap-tiap kursinya. Jadi kita enggak perlau takut kehabisan baterei handphone ataupun laptop saat naik kereta api yang lumayan lama ini. Dan kalo kita laper kita bisa pesan makanan pada petugas kereta api yang dengan ramah akan melayani kita. 




bagian dalam kereta api yang aku tumpangi


Oya, waktu aku naik kereta api, kebetulan lantainya baru aja dipel, jadi masih basah. Jadi inget-inget aja, lebih baik kita simpan barang-barang kita di atas, di tempat untuk menyimpan barang. Daripada nanti barang-barang kita bagian bawahnya jadi basah.




selamat tinggal bandung


Nah, sekarang perjalanan dengan kereta api telah dimulai. Asyiknya kalo kita naik kereta api itu, kita enggak bakal kena macet. Terus buat kita yang suka mabuk kendaraan, pasti deh dijamin kalo naik kereta api enggak bakal ngerasain mabuk. Karena kereta apinya berjalan dengan tenang dan enggak ada guncangan.




sawah hijau menghampar yang bisa dilihat saat naik kereta api



Enggak bakal ada kata bosan saat naik kereta api, meskipun harus melewatkan waktu berjam-jam. Pertama, pemandangan yang bisa diliat itu indah dan menarik banget. Mulai dari sawah hijau yang membentang luas dan banyak yang lainnya.




jalan mobil dari kereta api



sungai yang mengalir 



jembatan mobil



bahkan gunung dan kebun jagung pun ada


Nah, banyak banget kan yang bisa kita nikmati saat naik kereta api. Kita jadi makin tau betapa indahnya negeri kita ini. Enggak kalah sama luar negeri.  

Oya, saat naik kereta api ini, aku berhenti di beberapa stasiun. Tapi enggak lama kok. Hanya beberapa menit saja untuk sekedar menaikkan dan menurunkan penumpang. Dan jangan khawatir, enggak bakal ada pedagang yang boleh masuk. Jadi kita tetep nyaman dan aman di dalam kereta.


stasiun tasikmalaya tempat kereta api berhenti sejenak

Ternyata stasiun-stasiun kereta api itu kebanyakan bersih dan bangunannya kuno. Tapi malah asyik ya. Kita jadi bisa mengagumi warisan bangunan jaman dahulu. 




stasiun banjar yang juga bersih tempat kereta berhenti sejenak


Bosan melihat-lihat pemandangan diluat? Jangan khawatir, kita masih bisa melakukan keasyikan di dalam kereta api. Aku sendiri asyik mendengarkan musik tanpa harus takut baterei hape habis kalo kita enggak bawa power bank karena ada colokan hapenya.



asyik nih bisa dengerin musik sepuasnya



colokan buat charger yang ada di kereta api


Capek dengerin musik terus? Kita juga bisa baca koran yang ada di tiap-tiap bangku kereta api, makan atau juga tidur!




koran dan majalah yang disediakan oleh kereta api




laper? tinggal makan bekal kita atau bisa juga pesen pada petugas di kereta



ternyata tidur di kereta api nyaman juga loh, enggak terasa berguncang-guncang


Dan alhamdulillah akhirnya aku sampe di Jogjakarta setelah menempuh perjalanan selama beberapa jam. Ahhh senangnya bener-bener pengalaman yang seru dan mengasyikkan. 

Nah, temen-temen kapan-kapan kalian coba juga ya naik kereta api. Aku juga pengen deh saat liburan nanti bisa naik kereta api lagi. 

Oya, kalo kalian masih bingung beli tiketnya, kalian bisa liat di internet. Kita bisa pesen langsung dan dibayar segera. Karena kalo enggak cepet-cepet dibayar nanti tiketnya hangus. Tapi kita juga bisa pesen tiketnya di Indomaret. Waktu aku pesen tiket di Indomaret aku dapet bonus minuman gratis loh. Dan kalo bisa sih kita pesennya jauh-jauh hari biar bisa dapet harga yang lebih murah. Oya, jangan lupa juga bawa bekel minum, kue, snack atau makanan, buku bacaan, dan yang lainnya.

Okeee semoga perjalanan naik kereta api kalian juga menyenangkan ya :)






























Rabu, 04 Juni 2014

JALAN-JALAN : NGINEP DI HOTEL ASRAMA


Beberapa waktu yang lalu aku jalan-jalan ke Bandung. Nah, karena aku enggak punya saudara di sana jadi aku mesti cari tempat menginap. Setelah search di mbah google, akhirnya aku tertarik buat nyobain nginep di hotel asrama atau biasa disebut HOSTEL. Kenapa aku milih nginep di hostel? Soalnya aku belum pernah ngerasain kayak gimana sih nginep hotel asrama itu. Jadi kenapa aku enggak mencoba sebuah pengalaman baru.

Saat pertama melihat bagian depannya, aku sungguh kecewa. Sama sekali hostelnya jauh dari bayanganku. Di internet papan namanya terlihat besar. Tapi kenyataannya papan namanya begitu kecil sampai-sampai mobil yang aku tumpangi melewatinya hingga kami terpaksa berbalik. Tempat itu juga tidak tampak seperti hotel-hotel lainnya. Hanya ada sebuah pintu kecil di tepi trotoar tanpa tempat parkir.

Tapi rasa kecewaku langsung pudar saat aku memasuki bagian dalamnya. Meski dari luar hostel ini amat kecil, tapi bagian dalamnya luas. Semua ruangannya juga begitu bersih. Dindingnya didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Kebetulan aku memilih kamar yang ditempati berdua karena aku datang dengan mamaku. Dan kami mendapat kamar di lantai 3. 



ruang santai di depan kamar tampak nyaman dengan deretan sofa serta koleksi majalah



TV layar datar yang ada di depan kamar


Di hostel ini terdapat berbagai tipe kamar. Hanya semua kamar ranjangnya bersusun jadi harganya cukup murah. Ada kamar yang bisa ditempati untuk beberapa orang. Jadi kalo kita datang berombongan kita bisa berada dalam 1 kamar. Ranjang-ranjangnya sih enggak terlalu lebar tapi cukuplah untuk kita tidur bersama. Hanya saja diantara aku dan mamaku enggak ada yang berani tidur di atas. Akhirnya kamipun tidur berdua di ranjang bagian bawah.



ranjang susun di dalam kamar 



Kamar yang aku tempati memang tidak terlalu lebar. Dan tidak ada apapun selain sebuah ranjang, rak sepatu serta loker untuk menyimpan barang bawaan kita. Tapi cukup nyaman sih. Karena semua dalam keadaan bersih. 


loker di dalam kamar untuk menyimpan barang bawaan kita



Oya, kamar mandi hostel ini ada di bagian luar namun semua terjamin kebersihannya. Tidak disediakan handuk serta perlengkapan mandi untuk kita selain sebotol sabun mandi cair di tiap-tiap kamar mandi. Di lantai tempat aku menginap terdapat 4 kamar mandi dengan toilet duduk serta sebuah shower yang dilengkapi dengan air panas. Juga ada beberapa wastafel di depan kamar mandinya.


Jadi temen-temen kalo kalian ingin menginap dengan biaya murah meriah. Kalian bisa menginap di hostel ini. Dan bener-benar murah sebab hotel ini dilengkapi AC, kamar mandi dengan air panas dan dingin, sarapan juga wifi di seluruh area hotel. Hanya saja kita harus siap dengan keadaan kamar yang tidak terlalu luas dan mau berbagi kamar mandi. Tapi menurut aku sih lumayan juga. Karena aku bisa mengalami tidur di sebuah hotel asrama. 







Senin, 05 Mei 2014

BUKUKU KKPK LUKS TABLET UNTUK NAIFFA



Hai temen-temen semua apa kabarnya?
Alhamdulillah bukuku ada yang terbit lagi. Kali ini yang terbit adalah buku KKPK LUKS judulnya Tablet Untuk Naiffa. Dalam buku ini ada 20 cerpen terpilih yang ceritaya keren-keren semua
Oya cerpenku sendiri judulnya NYARIS TERJEBAK
Penasaran sama ceritanya?
Beli aja yukkkkk








LOMBA MENULIS CERITA LMC SD/MI 2014 OLEH KEMENDIKBUD

Halo temen-temen semua, aku punya info terutama buat kamu yang masuk duduk di bangku SD/MI dan suka menulis. Kali ini ada lomba menulis yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

Nah, ini info lengkapnya :








Halo Siswa SD/Ml di seluruh Indonesia, Kalian mungkin pernah berimajinasi, melakukan sesuatu yang seru dan menegangkan, serta mempunyai pengalaman yang unik, menyenangkan atau mengharukan.Yuk, tuliskan imajinasi dan pengalaman kalian menjadi sebuah cerita yang menarik.

Kemudian kirimkan ke PANITIA LOMBA MENULIS CERITA Untuk SD/MI Tahun 2014.
15 (lima belas) peserta terbaik akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi final.


TEMA :

1. Kejujuran
2. Ketulusan
3. Disiplin
4. Kerja Keras
5. Cinta Tanah Air
6. Cinta Lingkungan
7. Kasih Sayang
8. Kesabaran
9. Sopan Santun
10. Toleransi
11. Kepedulian Sosial
12. Semangat Gotong-royong
13. Bencana Alam



PERSYARATAN :
  1. Peserta adalah siswa SD/MI (terbuka mulai kelas III hingga kelas VI dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah Iengkap dengan NISN).
  2. Tulisan berbentuk cerita.
  3. Tulisan dibuat sendiri tanpa bantuan/intervensi guru/orang tua dan bukan merupakan jiplakan, saduran, atau terjemahan dari karya Iain, diperkuat dengan "Surat Pernyataan Keaslian Karya/Naskah” (bermaterai Rp 6.000,00).
  4. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media mana pun.
  5. Panjang tulisan 3 s.d. 5 halaman, diketik pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi, jenis huruf Times New Roman 12 pt.
  6. Peserta boleh mengirimkan Iebih dari satu naskah.
  7. Lampirkan biodatamu.


PENGIRIMAN CERITA :

Cerita sebanyak 3 rangkap dimasukkan ke dalam amplop, pada bagian luar ditulis "LMC-SD/MI 2014",
diantar langsung atau dikirim paling Iambat tanggal 1 September 2014 (stempel pos).


CERITA DIKIRIM KE ALAMAT :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika
Pada Subbag RumahTangga Bagian Umum,
Setditjen Pendidikan Dasar
Kompleks Kemdikbud, Gedung E, Lantai 5
JI. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270



HADIAH :

Panitia menyediakan hadiah utama berupa uang tunai
sebagai berikut :

Pemenang 1 : Rp. 7.500.000,00
Pemenang 2 : Rp. 6.500.000,00
Pemenang 3 : Rp. 6.000.000,00
Pemenang 4 s.d. 5 : Rp. 5.500.000,00
Pemenang 6 s.d. 10 : Rp. 5.000.000,00
Pemenang 11 s.d. 15 : Rp. 4.500.000,00
Dipotong pajak hadiah (PPh pasal 21). Para pemenang juga akan mendapatkan hadiah hiburan lainnya.


Ketentuan Panitia dan Pengumuman Lain-lain :

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Panitia Penyelenggara, telepon: (021) 5725616 dan 57851730. Email: estetika_|mc_sd_smp@yahoo.co.id. Website: www.dikdas.kemdikbud.go.id.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berhak menerbitkan dan menggandakan naskah yang terpilih. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pemenang LMC-SD/M12014 akan diumumkan pada tanggal 17 November 2014, melalui website: www.dikdas.kemdikbud.go.id