Sabtu, 05 Mei 2018

SKIPPY PEANUT BUTTER, PENYELAMAT DI SAAT DARURAT

Bolcari Rasa Kacang
Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga besarku. Bukan saja karena di hari suci tersebut kami berkumpul di rumah nenek. Akan tetapi kami juga memiliki tradisi yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Keluarga yang pulang kampung wajib membawa makanan hasil karya sendiri.

Bisa dibayangkan betapa riuhnya setiap kali ada anggota keluarga yang datang. Kami dibuat penasaran dengan berbagai makanan yang dibawa. Sebab semua makanan tadi akan dicicipi dan dinilai oleh nenek yang mantan koki. Lalu pemenangnya nanti akan mendapat satu resep rahasia milik beliau. Bagi orang lain hal tersebut mungkin bukan sesuatu yang luar biasa. Namun bagi keluarga besarku yang sudah mencicipi masakan nenek, bisa mendapatkan salah satu resepnya adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan.

Sebagai satu-satunya yang tinggal bersama nenek, keluargaku sendiri belum pernah mendapatkan resep rahasianya. Padahal sudah tak terhitung banyaknya kami mencicipi masakannya. Berkali-kali kali sudah aku mencoba membuat sendiri makanan-makanan yang pernah dimasak nenek. Sayang, selalu saja rasanya tak pernah sama. Bahkan tak jarang pula masakanku gagal total.

Buah Carica
Itulah sebabnya lebaran tahun 2017 lalu aku bertekad untuk menang agar bisa mendapatkan resep rahasia nenek. Aku harus membuat makanan yang berbeda. Dan pilihanku jatuh pada camilan dengan bahan dasar carica. Buah khas Dieng yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C dan E serta mengandung serat yang tinggi dan bentuknya mirip pepaya ini, pasti bisa kuolah menjadi hidangan lebaran yang unik. 

Bolcari Dengan Skippy Peanut Butter

Sebelum mulai membuat kudapan untuk lebaran aku teringat kejadian tahun 2016. Dimana salah seorang tanteku membawa keripik dari jamur yang rasanya sangat pedas. Anak-anak dan orang-orang yang tak suka pedas tentu saja tak bisa memakannya. Oleh karena itu aku berusaha membuat camilan yang bisa dimakan semua usia. Selain itu pilihan rasa juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Akhirnya terciptalah Bolcari. Bola-bola carica rasa kacang.


Skippy Peanut Butter
Jujur, ketika pertamakali mencoba membuat Bolcari aku tidak menggunakan Skippy Peanut Butter melainkan memakai kacang goreng yang diblender. Tetapi satu musibah kecil memaksaku beralih pada selai kacang yang creamy tersebut.

Hari lebaran ketiga merupakan hari dimana nenek akan menilai semua makanan yang dibawa oleh anak-anak, cucu serta cicitnya. Karena tinggal bersama nenek aku memutuskan untuk membuat Bolcari pada hari lebaran kedua. Ketika hendak menghaluskan kacang goreng dengan blender, mendadak listrik padam. Tak biasanya lampu mati di hari lebaran. Peristiwa itu membuat aku harus menghentikan pekerjaanku. Namun hingga 1 jam lamanya listrik belum juga menyala. Bahkan aku kemudian mendapat kabar dari salah seorang kawan yang mengatakan kalau listrik seluruh kota mati total karena ada balon udara yang tersangkut jaringan listrik.

Bahan Bolcari Rasa Kacang

Perasaanku saat itu tak bisa digambarkan lagi. Aku kehilangan kesempatan untuk menang padahal sudah cukup lama aku mengincar salah satu resep rahasia nenek. Aku juga marah bahkan sampai menyalahkan orang yang menerbangkan balon udara sehingga membuat seluruh kota mati lampu. Dan aku pun sangat menyesal karena tidak membuat Bolcari jauh-jauh hari sebelumnya.

Di saat bingung dan kecewa, salah seorang saudaraku memberi saran untuk menggunakan Skippy Peanut Butter Karena sudah berupa selai aku tak perlu menghaluskan lagi. Selain itu rasa kacangnya juga sangat terasa. Meski awalnya kurang yakin tapi dalam keadaan kepepet, aku memutuskan untuk membelinya. Dan ternyata keputusanku tidak salah.

Cara Membuat Bolcari Rasa Kacang
Hasilnya? Nenek benar-benar menyukai camilan yang aku buat. Selain lembut dan cocok untuk segala usia, kacangnya juga bukan sekedar aroma namun benar-benar terasa. Bolcari buatanku juga langsung ludes dalam sekejap. Menurut mereka makanan tersebut unik karena berbahan dasar carica yang dipadu dengan selai kacang. Dan tahun ini, keluarga besarku memintaku untuk membuat kudapan itu lagi saat lebaran nanti. Tentu saja aku sudah siap berkat Skippy Peanut Butter sang penyelamat. YIPPEE™ This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter 

Bolcari Rasa Kacang
Resep Bolcari Rasa Kacang 

Bahan : 
2 kilogram buah carica
- 100 gram margarin
- 200 gram susu bubuk
- 250 gram gula halus
- 200 gram Skippy Peanut Butter

Cara Membuat :
Kupas buah carica lalu cuci hingga benar-benar bersih
- Potong kecil-kecil kemudian blender sampai halus
- Siapkan wajan anti lengket
- Masak carica yang telah diblender bersama margarin dan gula halus lalu aduk-aduk 
- Setelah agak mengental tuang susu bubuk yang telah dicairkan dengan sedikit air
- Aduk kembali hingga adonan menyatu
- Kemudian tambahkan Skippy Peanut Butter  
- Aduk hingga rata lalu tuang ke dalam loyang
- Selagi hangat bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu dinginkan
- Setelah dingin bolcari bisa dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY®️ Peanut Butter Indonesia." 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar