Jumat, 29 Maret 2013

MEMBUAT MARTABAK MINI

Selain suka menulis aku juga suka memasak. Terutama bikin kue-kue yang enak-enak (biarpun hasil masakanku rasanya belum tentu enak. hi hi hi.....)
Nah, kemarin aku coba bikin martabak mini yang aku taburi coklat, meises juga selai.
Ini dia hasilnyaaaa.....

Oya, kalian mau resep dan cara bikinnya?
Baca aja di bawah fotoku ini :D





RESEP MARTABAK MINI


BAHAN-BAHAN :


Bahan 1 :
  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Telur ayam 1 butir, dikocok
  • Susu UHT (tapi bisa juga pake air/santan) 375 ml
Bahan 2:
  •  Soda kue 1/2 sendok teh


Bahan untuk taburan:
  •  Gula pasir 25 gram


Olesan & Topping :
  •  Margarin/mentega 25 gram
  • Keju cheddar/meisis 
  • Selai sesuai selera



CARA MEMBUAT :
  1. Campur semua bahan 1 lalu mixer hingga lembut
  2. Diamkan selama 1 jam.
  3. Panaskan loyang martabak yg telah dioles margarin tipis dengan api kecil, masukkan bahan 2, kocok lagi dengan mixer.
  4. Setelah cetakan panas, tuang 1 sendok sayur adonan, tekan-tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur hingga membentuk pinggiran martabak lalu biarkan adonan mengeluarkan buih dan berlubang-lubang.
  5. Taburi dengan 1/2 sendok teh gula pasir dan  tutup loyangnya. 
  6. Biarkan matang (gunakan api kecil agar martabak tidak gosong).
  7. Sebelum diangkat dari cetakan, oles dengan margarin sedikit hingga rata.
  8. Angkat.
  9. Nah sekarang tinggal taburi dengan topping sesuai selera.
Taraaaaaa....jadi deh!
Gimana, gampang kan temen-temen. Nah, kalau kalian kesusahan saat membuatnya kalian bisa minta tolong pada orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu.

Dan dijamin deh kalian bakal ketagihan kayak aku



3 komentar:

  1. Aku mau buat sih,..
    sayangnya aku ngak punya Loyang :(

    BalasHapus
  2. wah bagus. repost ya kak! ntar aku kasih foto kak laksita dipostingannya deh. hahaha

    BalasHapus