Sabtu, 27 Desember 2014

NAIK KERETA EKONOMI JARAK JAUH

stasiun Purwokerto

Seminggu yang lalu aku pergi ke Jakarta. Tapi berbeda dari biasanya, kali ini aku memilih naik kereta api ekonomi. Awalnya sih gara-gara baca pengumuman kalo mulai Januari 2015 tiket kereta api ekonomi jarak jauh akan naik. Jadi mumpung harganya belum naik aku pengen nyoba naik kereta api itu. Aku memutuskan membeli tiket kereta api Serayu Malam yang harganya hanya 35 ribu saja untuk tujuan Purwokerto - Jakarta. Murah banget, ya.

Sebelumnya aku pernah naik kereta Pramek dari Jogja ke Solo. Meskipun kelas ekonomi tapi keretanya nyaman bahkan ber AC. Dalam bayanganku kereta api Serayu juga pasti sama. Apalagi di kereta ini semua penumpang mendapatkan nomer tempat duduk dan gerbong. Jadi aku pasti nggak akan berdiri.

kereta api Serayu

Sebelum membeli tiket aku sempat mencari info di internet. Dan aku menemukan ada salah 1 penumpang yang merasa nyaman saat naik kereta ini.
Biasanya saat aku naik kereta ke Jakarta, aku berhenti di stasiun Gambir. Tapi kereta api Serayu berhenti di stasiun Jakarta Kota.

bagian dalam kereta api Serayu

Pertama kali masuk ke dalam kereta api Serayu, aku sungguh merasa kaget. Karena tempat duduk yang aku dapatkan ternyata untuk 3 orang. Belum lagi tempat duduknya saling berhadapan. Sempit sekali. Bahkan masing-masing lutut kita beradu dengan lutut penumpang di depan kita. Tersiksa banget rasanya.

tempat duduk kereta api Serayu
Sementara bagian sebelah kanan tempat duduknya untuk 2 orang. Sayang banget aku enggak tahu. Kalau sebelumnya tau aku pasti akan mencari tempat duduk untuk berdua saat memesan tiket. 

Oya, kereta api Serayu ini rutenya melewati Bandung. Jadi jarak tempuhnya bisa lebih dari 10 jam. Apalagi kereta ini sering berhenti di stasiun-stasiun. Untuk memberi kesempatan kereta lain untuk lewat terlebih dahulu.


colokan charger dan kantong untuk sampah

Aku sadar sih karena ini kelas ekonomi jadi aku enggak bisa menuntut banyak. Tapi untunglah kereta ini dilengkapi dengan fasilitas colokan charger. Tempat sampah berupa plastik juga disediakan di masing-masing area tempat duduk. Selain itu kereta ini dilengkapi dengan AC, toilet, juga ada petugas yang menawarkan makanan. Jadi kalo kita enggak membawa makanan kita bisa memesan pada petugas restorasi.


pemandangan di perjalanan

Syukurlah pemandangan selama perjalanan yang amat panjang itu sangat menakjubkan. Jadi semua rasa lelah bisa sedikit terlupakan.

Tapi karena kereta ini taun depan akan naik harganya, semoga saja kelak fasilitasnya bisa diperbaiki. Misalnya jarak antara tempat duduk jangan terlalu sempit. Juga kalau bisa sih jangan ada tempat duduk untuk 3 orang. Soalnya enggak nyaman banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar