Minggu, 01 September 2013

TIPS MERAWAT KOMIK

Selain baca novel atau cerita aku sukaaaa banget baca komik terutama CONAN. Pokoknya aku ngefans banget deh sama buku karyanya AOYAMA GOSHO ini. Ceritanya keren, gambarnya bagus dan kebetulan aku suka cerita misteri atau detektif gitu.

Nah, karena hobi baca komik, aku juga punya koleksi komik yang cukup banyak. Selain aku baca sendiri, komik-komikku juga suka dipinjam sama saudara dan teman-temanku. Pasti kalau sering dipinjam kadang suka komikku jadi rusak. Karena kadang kan ada juga temen yang enggak mau ngerawat buku pinjaman. Mereka suka seenaknya sendiri dan pas ngembaliin ternyata komikku udah hancur lebur, lecek, kotor dan halamannya berhamburan. 

Ya, sedih banget pastinya. Karena ada yang enggak mau ngerawat. Mungkin mereka enggak ngerasa beli sendiri dan enggak pernah merasa susah beli dari uang hasil keringat sendiri. 

Jadi biar komikku enggak makin parah rusaknya aku berusaha merawatnya. Kayak gini nih biasanya komikku itu kurawat.

  • Aku biasanya menyimpan komikku di tempat yang kering dan enggak lembab. Soalnya dulu pernah kejadian waktu aku simpan komikku ditempat yang lembab jadinya agak bau gitu kan enggak enak dibacanya
  • Usahakan jangan sampe komik-komiknya terkena matahari langsung soalnya warnanya jadi suka pudar. Jadi kurang puas kan bacanya kalau warnanya udah enggak secemerlang pas baru pertama kali beli
  • Nah, ini nih yang suka banget dilakuin sama temen-temenku. Waktu mereka pinjam buku pasti bagian dalamnya suka pada kelipet. Alasannya karena baru dibaca sedikit terus biar gampang, jadinya dilipet deh buat nandain. Mereka enggak tau aku tuh paling enggak suka kalo komikku pada kelipet. Jadi aku suka selipin pembatas buku di dalam komikku. Tapi biar enggak ilang pembatas bukunya itu yang agak gede dan tebel. Nah, kalo takut pembatasnya diambil sama yang minjem, kasih aja pembatas yang enggak terlalu bagus, misalnya dari potongan karton. Tapi sebaiknya sih tetep digunting yang rapi jadi enggak terlalu jelek banget
  • Setiap kali aku beli buku aku udah sedia plastik. Jadi semua komikku aku sampuli plastik. Tapi bukan plastik yang tipis. Aku suka beli plastik yang lembaran dan agak tebel. Jadi bisa digunting sesuai kebutuhan. Terus plastik yang tebel itu juga enggak cepet sobek
  • Nah, 1 lagi (yang ini enggak wajib banget kayaknya sih) Ini yang aku contoh dari perpustakaan di dekat rumahku. Sebelum dikasih sampul plastik, bagian tepinya dibolongin terus dikasih benang (benangnya yang tebel itu loh yang warnanya putih). Jadi halamannya enggak pada copot. Cuma kadang memang jadi kurang asyik bacanya karena kan merusak gambarnya. Tapi biar komiknya awet ya terpaksa dijahit. Cuma kalau buat koleksi sendiri sih enggak dijahit juga enggak apa-apa 
Oke, itu tadi caraku merawat koleksi komikku. Semoga bermanfaat ya temen-temen

6 komentar:

  1. makasih ya Sita, tipsnya ;)
    Keren! Membantu banget!

    BalasHapus
  2. Izin Share yaa. Tapi tetep kok ada nama kamu nya :)

    BalasHapus
  3. Kak Sita, aku barusan beli komik. Dan ada tips ini, aku jadi bisa ngerawat komik ^_^ thanksss

    BalasHapus
  4. iya nih, kadang2 kalo temen pinjem jadi lecek...
    Mana temenku pinjem bukuku mulu. Mereka katanya males beli+males keluar rumah, dan yg terjadi, bukuku yang jadi korbannya.
    sebel bgt kalo kyak gitu.

    BalasHapus