Senin, 02 Februari 2015

TIPS MENYEMANGATI DIRI SENDIRI


Berulangkali kali aku mendapat pertanyaan dari temen-temen. Mereka ingin jadi penulis tapi suka males buat nulis. Kadang juga nggak ada waktu, bosen, nggak ada ide. Bahkan ada yang ditentang oleh orangtua atau juga diejek teman-temen yang meragukan kemampuannya hingga akhirnya keinginan untuk jadi penulis itu menjadi surut.

Tentu, aku juga pernah mengalami seperti rasa malas, nggak ada waktu, capek bahkan nggak punya ide. Hanya saja aku tidak bisa menghantikan kebiasaan menulisku. Karena aku sudah mendapat banyak banget hal baik dari menulis. 

Lalu, gimana biar semangat menulis itu timbul lagi? Nah, mungkin tips ini bisa berguna buat temen-temen semua.

TENTUKAN TUJUAN
  •  Jika kamu ingin jadi penulis tentu pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menulis. Jadi langkah awal untuk menyemangati diri sendiri adalah menentukan tujuan. Untuk membuat diri kita selalu ingat dengan tujuan yang ingin dicapai, kita bisa menuliskannya di selembar kertas lalu kita tempel. Pastikan tulisan itu besar-besar biar gampang dibaca. Selain itu tempelkan di tempat yang gampang dibaca atau selalu bisa kita lihat.
BERSAING DENGAN TEMAN
  • Punya teman yang juga ingin jadi penulis atau ingin jadi yang lainnya? Nah, kenapa enggak menjadikan moment itu sebagai ajang untuk bersaing. Tapi tentunya harus secara sehat. Bukan dengan saling mengejek atau menjatuhkan. Kita bisa saling menetapkan target kapan kita bisa menyelesaikan tulisan kita lalu mengirimnya ke penerbit. Dengan bersaing dengan teman tentu semangat kita akan semakin terlecut.
MENJADIKAN IDOLA KITA SEBAGAI INSPIRASI
  • Pasti dong kalian punya idola. Entah itu penyanyi, pemain tenis, pemain sepak bola, penulis, dll. Menjadi idola atau bintang tentu jalannya tidak mudah. Butuh banyak pengorbanan, kerja keras, usaha, belajar dan banyak lainnya. Kita bisa menjadikan bintang idola kita sebagai sumber inspirasi. Sebagai fans beratnya kita tentu ingin seperti mereka. Nah, jadikan perjalanan idola kita hingga mencapai sukses sebagai sumber semangat. Kalo idola kita bisa, kenapa kita enggak. Yang penting adalah semangat dan tidak putus asa.
MEMBACA BUKU ORANG-ORANG YANG SUKSES
  • Sekarang ini ada banyak sekali buku-buku perjalanan orang-orang yang sukses. Bagaimana perjuangan mereka yang amat gigih sampai akhirnya bisa menggapai apa yang mereka cita-citakan. Nah, membaca buku-buku orang-orang yang sukses juga bisa membuat semangat kita semakin tumbuh. Sekarang banyak juga buku-buku dari orang-orang yang sukses yang sangat enak dibaca. Jadi nggak perlu takut bosan saat membaca buku-buku mereka.
KAMU BISA!
  • Kadang kita enggak percaya diri bahwa kita bisa menggapai apa yang kita inginkan. Mungkin kita merasa nggak mampu, jelek, bodoh, miskin, dll. Padahal untuk mencapai sesuatu yang dibutuhkan itu hanya semangat yang tidak pernah pudar. Jadi hilangkan semua rasa tidak percaya diri dari diri kamu. Dan tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu bisa. Dengan begitu semangat kamu untuk menggapai impian kamu akan timbul kembali
 Semoga bermanfaat
 

 


11 komentar:

  1. wah.. bermanfaat bgt kak, btw kak, aku mau nanya nih, aku itu suka nulis jg, pengen jg jd penulis kak, trus ada salah satu ceritaku yg rencananya mau kujadiin kumcer XD aku bikin dulu judulnya Kumcer kata aku sih,,, bikinnya jd bersemangat kalo kyk gt, tp apa gak kepedean atau kegeeran (?) kak? aku minta pendapat kk (Maaf kalau kepanjangan kak) hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya diri itu harus, apalagi percaya diri untuk jadi penulis. Jadi terus lanjutin nulisnya dan kalo udah selesai segera kirim. Semoga diterima ya naskah kumcer kamu

      Hapus
  2. Wuihhh tips nya cocok buat aku yg males bgt nulis. Sayang nya, jurusnya kurang jitu, malas-ku ini melebihi apa pun. Kyk gada kemauan menulis, duhhh bahaya amaaattt ','

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu malasnya harus diusir jauh-jauh dulu. Mungkin bisa gabung sama temen-temen penulis. Biasanya nanti termotivasi untuk nulis lagi setelah melihat semangat mereka yang nggak pernah padam

      Hapus
  3. Hmm.... Idolaku itu, Laksita Judith Tabina :) Kalau aku malas ngetik cerita, pasti aku lihat blognya Kak Laksita Judith Tabina biar bisa semangat menulis lagi. Mengingat karya-karya Kak Laksita yang banyak, memicu aku untuk membuat banyak buku dalam waktu satu tahun hehehe....

    Cuma baca judul bukunya saja sudah menumbuhkan ide di otakku, apalagi jika beli. Aku sudah koleksi semua buku karya idolaku, Laksita Judith Tabina. Jika Kak Laksita bisa, tentu aku bisa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih banyak ya udah suka buku-bukuku. Okeee selalu semangat ya kamu pasti bisa nulis banyak buku

      Hapus
  4. Bermanfaat kak, hasilnya aku udah buat 47 cerpen tanpa putus putus, ga perlu nunggu ide yg dateng tapi ide yang menunggu kita untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. itu prinsip ku dalam menulis

    BalasHapus
  5. Bermanfaat kak, hasilnya aku udah buat 47 cerpen tanpa putus putus, ga perlu nunggu ide yg dateng tapi ide yang menunggu kita untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. itu prinsip ku dalam menulis

    BalasHapus
  6. bagus sekali kak. berkat ini aku sudah bisa menyelesaikan beberapa cerpen. thanks banget
    o ya izin repost kak. sumbernya kukasih kok

    BalasHapus