Minggu, 07 Desember 2014

INI, DIA. TEMPAT WISATA PALING MENARIK DI DIENG

Masih bingung memutuskan mau liburan kemana? 
Kenapa enggak coba jalan-jalan ke Dieng aja. Tempat wisata berhawa dingin ini punya banyak lokasi menarik untuk dikunjungi, loh.

  • TELAGA WARNA 
Telaga Warna
Telaga Warna terletak di Dieng. Tempat ini menyimpan pesona yang amat memukau. Air di telaga ini tidak berwarna bening seperti air pada umumnya. Namun air di Telaga Warna memiliki warna hijau. Warna tersebut terjadi akibat kandungan sulfur yang cukup tinggi.

  • GUA SEMAR, GUA SUMUR, GUA JARAN DAN GUA PENGANTIN

Gua Semar

Gua Semar, Gua Sumur, Gua Jaran dan Gua Pengantin berada 1 lokasi dengan Telaga Warna. Jadi selain menikmati keindahan Telaga Warna, kita juga bisa melihat gua-gua tersebut.


sesajen dalam gua

Gua Semar sangat mudah dikenali dari kejauhan. Karena ada patung Semar di bagian depannya. Dinamakan Gua Semar karena masyarakat setempat meyakini tempat ini dijaga oleh Batara Semar.
Tak jauh dari Gua Semar, kita bisa menemukan Gua Sumur. Gua yang di bagian depannya ada arca wanita yang membawa kendi ini memiliki kolam yang airnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan membuat orang menjadi lebih cantik.


papan penanda menuju Gua Pengantin

Sementara Gua Sumur memiliki sebuah kolam yang airnya diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit serta membuah cantik. Gua Jaran sendiri diberi nama tersebut karena bentuk guanya yang menyerupai jaran (kuda). Selain ketiga gua tersebut, kita juga bisa melihat Gua Pengantin.

  • TELAGA PENGILON

Telaga Pengilon
Telaga Pengilon juga letaknya masih 1 komplek dengan Telaga Warna serta gua-gua tadi. Berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki air berwarna. Air di Telaga Pengilon itu amat bening hingga bisa untuk bercermin (Pengilon).
  • KAWAH SIKIDANG
Kawah Sikidang

Selain telaga dan gua, di Dieng juga kita bisa melihat Kawah. Dinamakan Kawah Sikidang karena kawah ini letaknya sering berpindah-pindah. Selain kawah utama yang amat besar, terdapat juga kawah-kawah kecil yang bisa kita amati dari dekat.
kawah kecil yang bisa ditemui 

  •  SUMUR JALATUNDA
Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda masih berlokasi di Dieng. Untuk melihat sumur yang amat luas dan dalam ini kita harus mendaki banyak tangga. Konon jika kita bisa melempar kerikil hingga jauh melewati sumur tersebut, kita akan mendapatkan keberuntungan. 
  • CANDI ARJUNA

komplek Candi Arjuna
Di Dieng juga terdapat banyak candi. Komplek Candi Arjuna ini merupakan candi hindu yang tertua di Pulau Jawa.  Candi-candi yang dapat kita lihat diantaranya Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Srikandi dan Candi Puntadewa.

  • WISATA SIKUNIR

wisata Sikunir

Ingin menikmati indahnya matahari terbit? Pergilah ke obyek wisata Sikunir yang terletak di Bukit Sikunir, Dieng. Tempat ini menjadi favorit para pelancong yang ingin menyaksikan terbitnya matahari. Hanya untuk mencapai tempat ini kita harus mendaki dan rela berjalan pagi-pagi.













2 komentar: