Senin, 09 September 2013

JANGAN TAKUT MENULIS

Hai temen-temen aku suka banget nulis karena menulis itu membuat aku bahagia. Gimana, enggak. Dengan menulis, karyaku jadi dibaca banyak orang. Terus aku bisa punya banyak temen juga sahabat. Berkat menulis juga aku bisa jalan-jalan keluar kota, bisa menikmati banyak hal yang kalo dalam keadaanku ini enggak mungkin bisa aku dapatkan.

Hanya saja ternyata ada temenku yang takut menulis. Katanya sih takut hasil tulisannya jelek, takut diejek temen-temennya, takut pas dikirim naskahnya enggak keterima, takut kalo ikut lomba enggak menang. Jadi dianya enggak jadi nulis padahal dia pengeeeen banget jadi penulis.

Sebetulnya aku juga dulu pernah loh ngalamin hal kayak gitu. Aku takut karyaku jelek dan enggak diterima. Tapi orangtuaku bilang kalo aku harus mencobanya. Katanya nih, orang lain bisa kenapa kamu enggak. Dan akhirnya aku beranikan juga kirim naskahku ke penerbit. Dan hasilnya alhamdulillah, akhirnya bukuku bisa terbit juga.

Nah, buat temen-temen yang juga masih ngalamin rasa takut kayak gitu. Aku punya tipsnya nih biar cerita kamu bisa bagus


#1 BANYAK BACA
  • Ini paling nomer 1 buat aku yaitu banyak baca. Gimana kita bisa nulis kalo kita enggak banyak baca. Iya, kan. Jadi setiap hari aku baca apa aja. Mulai dari buku cerita, novel, komik, majalah, koran, dll. Semakin kita banyak membaca semakin banyak juga kata-kata yang kita dapatkan. Nah, nanti kata-kata yang kita dapat itu bisa kita pakai saat kita menulis sebuah cerita.


#2 RAJIN MENULIS

  • Ini yang kedua. Setelah kita membaca yang penting lagi adalah berlatih menulis. Masak pengen jadi penulis kok enggak pernah nulis. Mana bisa begitu kan. Awalnya aku juga kesusahan. Habisnya aku bingung. Mau nulis apa? Nulisnya mulai dari mana? Waktu itu aku baru nulis di buku harian.  Akhirnya sama mamaku aku disuruh niru tulisan di rubrik Tak Disangka/Arena Kecil yang ada di majalah Bobo. Ya, udah deh. Aku coba-coba aja bikin tulisan seperti itu. Dan ternyata aku bisa. Hanya sayang waktu aku coba kirim ke Bobo tapi enggak dimuat. 

  • Nah, setelah lancar menulis cerita kayak di rubrik Tak Disangka/Arena Kecil, aku mulai mencoba menulis cerpen. Pertama kali aku niru cerpen yang ada di majalah Bobo. Aku sengaja menulis ceritanya sama persis. Tapi abis itu aku ganti nama pemerannya. Terus aku coba ganti-ganti sendiri dialognya. Sampai akhirnya aku mulai coba nulis ceritaku sendiri tapi masih sambil melihat contoh cerpen yang ada di majalah Bobo. Lalu suatu hari aku beranikan diri buat nulis tanpa melihat dari majalah Bobo. Dan ternyata aku bisa. Nah, sejak itu aku mulai sering mengarang cerpenku sendiri. Dan ternyata memang lebih asyik nulis cerita sendiri tanpa meniru punya orang lain.


#3 MINTA KRITIKAN/MASUKAN DARI TEMEN/SAUDARA/ORANGTUA

  • Menurut aku ini hal ini penting juga. Kalo kita bikin cerita pasti pengennya dibaca sama orang lain. Jadi pertama kali setelah selesai menulis aku selalu kasih liat dulu hasil tulisanku ke orang lain. Aku sendiri sih selalu minta sama mama untuk membacanya. Karena mamaku itu kutu buku, jadi mama tau mana tulisan yang bagus dan mana yang enggak. Jadi mama suka ngasih kritik sama masukan.


#4 JANGAN PUTUS ASA DAN JANGAN MALAS


  • Ini juga enggak kalah penting, loh. Aku suka ngalamin sendiri. Aku enggak semangat juga males nulis. Padahal aku kan pengen jadi penulis. Gimana coba kalo kita terus kehilangan semangat dan males nulis. Pasti kita enggak akan bisa meraih cita-cita kita kan.

  • Jadi saat kehilangann semangat atau males nulis, aku biasanya jalan-jalan sebentar, nonton, ngobrol sama temen, main game, buka-buka internet, baca atau malah tidur. Yah, pokoknya aku istirahat sebentar. Setelah itu aku berusaha menghilangkan perasaan putus asa dan males itu.

  • Kalau masih putus asa dan males juga? Aku baca-baca lagi buku karya teman-temanku yang baru pada terbit. Nah, dari situ semangatku timbul lagi. Aku ingin seperti mereka. Jadi aku harus mulai lagi menulis. Apalagi menulis itu membuat aku bahagia

Oke temen-temen itu tips menulis dari aku. Tapi maaf kalau enggak memuaskan ya. Tapi berkat tips itu sekarang aku udah bisa punya buku. Nah, aku harap tips ini bisa berguna buat temen-temen semua

12 komentar:

  1. iya, ka. betul banget itu!
    aku saja kadang kalau abis baca suka tiba-tiba muncul bohlam di atas otakku (ide).

    tapi... kan, aku juga kadang suka ngasih karanganku untuk dibaca temen. tapi temenku yang baca malah ngetawain coba T_T. kasih tipsnya dong, ka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nadia ya memang sih kadang suka gitu temen suka ngetawain padahal kan dia belum tentu bisa nulis kayak gitu. Yaa, dibilang aja sebelum baca cerita kamu harus ada syaratnya : jangan diketawain. Bilangnya minta kritik/saran bukan minta ketawa

      Hapus
  2. Tipsnya keren pake banget, Sita! Tapi jujur nih,aku nggak pernah mau naskahnya dibaca orangtuaku. Aku lebih suka naskahnya dibaca temen-temenku ketimbang orangtuaku. Tapi aku juga takut dijiplak sih. Kalo sama teman-temanku,mereka nggak pernah kasih kritik atau masukan! Padahal aku butuh banget. Kalo sama ibuku, kebanyakan kritik,jadi aku males... :( Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh!,. Masalah kamu SAMA PERSIS sama akuuuu.. :D ,, Malu aja rasanya kalau naskah nya di baca orangtua :D

      Hapus
  3. tipsnya keren kak! kalau gitu kapan-kapan aku minta review ya....

    BalasHapus
  4. Aku juga gitu kak..
    aku pengeeeennn banget jadi penulis kayak kakak..
    punya buku yang banyak,.. dan punya teman teman banyak...
    Juga,... karya yang bisa di baca banyak orang...
    tapi.. males nulisnya.. hehehehhe...

    BalasHapus
  5. Huwaa keren banget tipsnya. Tapi aku tetep ngga bisa nulis konsisten. Kalau dipaksa pun rasanya percuma karena ngga ada yang bisa ditulis. Aku ngga sejago kamu nulisnya =)

    BalasHapus
  6. Oh gini toh tipsnya.. makasih ya kak Sita.. ^^
    Jadi semangat bikin naskah buat dikirim ke penerbit! Doain ya, kak Sita!
    Semoga diterbitin, thank's sekali lagi.. :))

    BalasHapus
  7. Kak laksita, gimana kalau misalnya kita malu untuk minta masukan dan kritikan dari orang lain?..
    Aku pun gitu, aku malu naskah ku diliat orang lain,.. Soalnya, kalau nulis tuh naskah kayak nya garing banget,.. Jelek gitu

    BalasHapus
  8. Aduh kak! ceritaku kering alias garing banget! nggak pantes di baca!

    BalasHapus